Mempercepat WordPress dengan WPRocket

Untuk mempercepat wordpress anda anda banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kecepatan loading website. Salah satunya yang paling populer adalah menggunakan plugin cache. Nah plugin cache ini banyak sekali jenis nya mulai dari yg gratis sampai berbayar, mulai dari performance yang biasa2 saja, ada juga yg sangat bagus memiliki dampak bagus untuk meningkatkan kecepatan loading website anda. Yang kami bahas saat ini adalah WP Rocket

Dengan menggunakan plugin WP Rocket, kinerja loading website Anda akan bisa berjalan lebih cepat sehingga pengalaman pengguna menjadi lebih baik.  

Dalam postingan kali ini akan di jelaskan secara tuntas. Dari cara menginstall hingga cara setting plugin WP Rocket dari dasar. Namun tak kenal maka ta sayang , untuk itu kami jelaskan dari dasar perihal WP Rocket.

Apa itu WP Rocket ?

WP Rocket adalah plugin cache khusus WordPress dengan layanan premium atau berbayar yang dapat mempercepat loading website anda. Plugin ini sudah cukup dikenal di kalangan blogger dan web designer karena memang terbukti memiliki performa baik. Jumlah pengguna juga sudah mencapai lebih dari 1 juta  akun.

Mahal ?

Ya dari segi harga memang sangat mahal lho … anda bisa lgs cek web resminya mereka https://wp-rocket.me/pricing/

Namun bila anda tetap menginginkan jangan terperangah dengan harga di official website nya , kami kami bisa membantu anda dengan WP Rocket dengan harga special di : https://tokowp.my.id/product/wp-rocket-by-wp-media/

Cara Setting nya :

Download & Install Plugin Wp Rocket ke web wordpress anda , secara default Cache akan ON pada saat anda install.

carasettingwprocket - Mempercepat Wordpress dengan WPRocket
  1. Aktifkan kolom Enable caching for mobile devices untuk membuat website Anda lebih mobile-friendly. Lalu, pilih juga kolom Separate cache files for mobile devices untuk memastikan pengguna mobile mendapatkan pengalaman caching secara penuh.
  2. Kemudian, Anda bisa mengklik fitur Enable caching for logged in WordPress users. Fitur ini sangat berguna untuk Anda yang memiliki website dengan fitur membership atau sistem login bila pengguna ingin melihat konten Anda.
  3. Fitur Cache lifespan, berfungsi untuk mengatur jangka waktu Anda menyimpan file cache di dalam website. Di sini, Anda bisa bebas menetapkan waktu yang lebih atau kurang dari 10 jam, tergantung seberapa sering Anda mengupdate website.

Pengaturan Optimasi File

wprocket12 - Mempercepat Wordpress dengan WPRocket

Pada halaman ini, Anda bisa meminimalkan ukuran berbagai file seperti file HTML, CSS dan JavaScript. Anda bisa bebas mengaktifkan fitur mana saja yang sekiranya diperlukan.

Fitur Lazy Load

Gambar seringkali menjadi salah satu item terberat kedua di halaman website setelah video. Proses loadingnya pun jelas lebih lama dibandingkan teks. Maka, untuk menyiasati hal ini, banyak website yang menggunakan bantuan plugin lazy loading.

Alih-alih memuat (loading) seluruh gambar sekaligus, fitur lazy loading hanya akan menampilkan gambar saat pengguna melihatnya. Dengan cara ini, loading website Anda bisa berjalan lebih cepat. 

wprcket21 - Mempercepat Wordpress dengan WPRocket
  1. Lazy load images – fitur ini berfungsi untuk mengaktifkan lazy loading pada setiap foto yang ada di halaman website.
  2. Lazy load iframes and videos – Anda bisa mengaktifkan lazy loading untuk iframes dan video.
  3. Replace YouTube iframe with preview image – berfungsi untuk menggantikan iframe YouTube dengan gambar pratinjau yang membantu mempercepat halaman website apabila terdapat banyak video YouTube.
  4. Disable emoji – mengaktifkan fitur disable caching emoji dapat membantu mengurangi jumlah permintaan HTTP sehingga dapat meningkatkan pemuatan.
  5. Disable WordPress embeds – fitur ini sebaiknya diaktifkan untuk menghindari pengguna yang ingin menyematkan (embedding) konten Anda.
  6. Klik Save Changes.

Masih banyak settingan yang bisa anda lakukan dengan WPRocket ini , semua di sesuaikan dengan kebutuhan web wordpress anda . Oh ya apabila anda menggunan Woocommerce anda tidak perlu kuatir dengan settingan tambahan , krn WPRocket otomatis akan exclude CART, CheckOut dan My Account , sehingga web toko online anda tidak akan terganggu dengan WP Rocket.